Selasa, 25 Januari 2011

Psikologi Umum II, Intelegensi, Bakat, dan Kreativitas

INTELEGENSI, BAKAT, DAN KREATIVITAS
Definisi
Claparde & Stem: kemampuan untuk menyesuaikan dengan kondisi baru secara mental.
K.Buhler: perbuatan yang disertai dengan pemahaman
David Wechler:
a)      kapasitas untuk memahami lingkungan dan kemampuan akal untuk mencari jalan keluar.
b)      kemampuan untuk bertindak secara terarah, berpikir rasional, dan menghadapi lingkungan secara efektif.

Ciri-ciri Intelegensi
1)      kemampuan mental yang melibatkan proses berpikir secara rasional. Maka, intelegensi tidak dapat dilihat langsung, melainkan diamati dari hasil-hasil  proses berpikir rasional tsb.
2)      Intelegensi tercermin dari kemampuan terarah kita untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan dan masalah yang timbul darinya.

Faktor yang Mempengaruhi Intelegensi
1)      Pengaruh bawaan (nature)
a.       Korelasi antara saudara kembar sangat tinggi dan memiliki tingkat yamg tinggi dimana mempunyai posisi kekerabatan.
2)      Pengaruh Lingkungan (nurture)
a.       Pemberian makanan bergizi mempengaruhi perkembangan organic otak.
b.      Rangsangan bersifat  kognitif emosional. Hal ini dibuktikan dengan penelitian longitudinal skeels & skodak dan zazonc

Stabilitas Intelegensi dan IQ
                Stabilitas intelegensi terpengaruh perkembangan organic otak. Menurut David Wechler, otak dapat terus tumbuh hingga umur 20 thn. Setelah itu terjadi  masa stabil, kemudian terjadi penurunan organis otak. Namun, stabilitas intelegensi tidak hanya berdasarkan fisik saja, namun sudah mengacu pada norma kelompok, sehingga menghasilkan hasil yang relative sama dan stabil.

Intelegensi dan IQ
                Intelegensi dengan IQ berbeda. Intelegesi adalah konsep umum tentang kemampuan individu. Sedangkan IQ skor yang diperolah dari alat pengukur kecerdasan yang tidak menggambarkan kecerdasan seseorang secara utuh.
                Pada masa sebelumnya, IQ dihitung dengan membandingkan mental age dengan cronological age. Namun, setelah pertambahan umur juga menyebabkan penurunan IQ dibandingkan masa sebelumnya sehingga digunakan acuan baru yaitu dibandingkan dengan usia kelompok tertentu yang sudah menjadi patokan.

Intelegensi dan Bakat
a)      Intelegensi merupakan konsep mengenai kemampuan umum individu dalam mengatasi masalah. Namun didalam kemampuan umum tersebut juga terdapat kemampuan yang amat spesifik.
b)      Bakat adalah kemampuan spesifik yang memberikan individu kondisi yang memadai dalam mencapai pengetahuan, kecakapan, dan keterampilan melallui suatu latihan.
c)       Alat yang digunakan adalah aptitude test yag dirancang untuk mengungkap bakat.
d)      Tes bakat untuk prestasi belajar yang digunakan adalah scholastic aptitude test dan untuk pekerjaan menggunakan vocational aptitude test & interest inventory
e)      Contoh scholastic adalah TPA atau grade record Examination (UAN)
f)       Contoh vocational  adalah Differential aptitude test atau kuder occupational interest survey

Intelegensi dan Kreativitas
 Kreativitas merupakan salah satu perilaku intelegensi yang juga merupakan manifestasi kogntif. Sedangkan menurut J.P.Guilford, kreativitas bersifat divergen, yaitu mempunyai kebebasan alternative jawaban berdasar informasi yang ada. S.C.U. Munandar kreatifitas menggambarkan kemampuan menggambarkan kelancaran, keluwesan, originalitas, dan mengolah apa yang ada.
Intelegensi dengan kreativitas belum mempunyai hasil yang sama dengan penelitian-penelitian sebelumnya sehingga masih menimbulkan perdebatan. Skor IQ rendah selalu diikuti dengan kreativitas yang rendah, namun pada IQ yang tinggi tidak selalu diikuti tingkat kreativitas yang tinggi pula, bahkan dengan level IQ yang lebih tinggi lagi, tidak adanya korelasi antara IQ dan kreativitas.
Pendapat para ahli:
a)      J.P Guilford menjelaskan bahwa kreativitas adalah proses yang divergen, sedangkan tes IQ hanya memberikan gambaran atas proses konvergen dimana hanya ada satu solusi, jika selain itu maka dinyatakan salah.
b)      Para ahli berpendapat bahwa tidak ada batasan yang jelas tentang kreativitas. Contohnya S.C.U Munandar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar