Minggu, 12 Desember 2010

Hasil UN Akan Jadi Acuan Masuk PTN, Akankah Berkualitas???

Menurut Mendiknas, Mohammad Nuh, seperti dilansir TvOne, pada tahun ajaran 2011/2012, UN akan digunakan sebagai bahan pertimbangan masuk PTN, apakah anda setuju atau tidak, akan kita bahas disini.


Menurut saya pribadi, berbagai polemik akan meningkat dan muncul seiring keputusan ini akan di"gol"kan atau tidak oleh pemerintah nantinya. Jika kita lihat dari sisi positifnya, mampu mengurangi beban orang tua secara ekonomi. Dengan UAN biaya untuk sekedar membeli formulir PMDK seharga rata-rata 300 ribu. Dari prosedur, nantinya akan mempermudah seseorang untuk memilih lebih luas apa keinginan saat kuliah dan menentukan pilihan. Saat SNMPTN tahun 2010, banyak juga siswa berprestasi malah tidak lolos dalam tes tersebut, sehingga nantinya akan meningkatkan bibit yang memang asli unggul.

Namun, disisi lain hal ini juga pastinya akan menimbulkan sisi negatif yang harus dihadapi. Diantaranya, tidak semua hasil UAN adalah hasil mencontek atau usaha tidak terpuji lainnya, sehingga pemerintah semacam melegalkan joki dalam penerimaan mahasiswa jika hal ini benar akan dilakukan. Banyak juga yang pandai mengerjakan sendiri mendapat hasil lebih jelek daripada yang kesehariannya mendapat nilai pas-pasan, namun saat UAN mendapat hasil fantastis mengalahkan teman yang lain. Tentunya, hal ini akan memberi ketidak adilan dan kualitas buruk bagi PTN tujuan, jika mereka mendapat mahasiswa seperti itu. 

Jadi, semoga saja pemerintah memberikan keputusan terbaik bagi kelanjutan berbangsa dan bernegara dengan menghasilkan output yang berkualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar